//
you're reading...
umum

Amazing Slide Presentation batch 8


aspTanggal 28-29 September 2013 lalu saya berkesempatan untuk mengikuti Workshop Amazing Slide Presentation batch 8 yang diselenggarakan oleh Pak Dhony Firmansyah, penulis beberapa buku pengembangan diri dan yang terbaru beliau menulis buku Amazing Slide Presentation yang workshopnya saya ikuti ini.

Ketertarikan saya terhadap workshop ini dimulai ketika mengikuti berita di twitter yang di-share akun @AkademiTrainer tentang Trainer Bootcamp and Contest-nya Pak @JamilAzzaini (life mentor favorit saya), dan diantara peserta adalah Pak @DhonyFirmansyah ini. Akhirnya saya putuskan untuk membeli bukunya lewat sms. Tidak seperti buku-buku tutorial presentasi yang saya pernah beli, ternyata buku ini berbeda. Beliau tidak hanya berbicara tentang teknis tapi beliau mulai dari hal yang paling mendasar yaitu MINDSET. Dikatakan bahwa membuat presentasi itu bukanlah menDEKOR tapi menDESAIN. Kita bisa bedakan orang yang menDESAIN baju pengantin dan yang menDEKOR baju pengantin. Tadinya saya agak kecewa karena buku ini tidak sesuai harapan saya yang menginginkan step by step membuat suatu presentasi. Tapi setelah mengikuti workshopnya ternyata…WOW! AMAZING!!! Itulah kata yang PAS dan memang PAS dengan judul bukunya.

Pada workshop ini kita diundang oleh Pak Dhony untuk menikmati presentasi-presentasi kelas dunia seperti karya Nancy Duarte dan Garr Reynolds (yang dalam waktu dekat Pak Dhony akan belajar langsung dengan beliau di Jepang). Kemudian kita dibuka mindset-nya bahwa membuat presentasi itu bukan hanya menDEKOR tapi menDESAIN suatu MASTERPIECE. Hanya ada 2 rules yang beliau sampaikan agar presntasi kita memukaU audiens, yaitu :

1. SEDERHANA : Presenter yang baik adalah presenter yang mampu menyampaikan informasi dengan mudah. Intinya 1 slide 1 pesan.

2. OPTIMAL : Seperti yang dikutip beliau dari buku PresentationZen-nya Garr Reynolds bahwa presentasi yang OPTIMAL adalah presentasi yang memenuhi kaidah DESAIN dan SENI.

Jadi rumusnya adalah : TAMPILAN SLIDE = SEDERHANA (S) X OPTIMAL (O)

Di sesi-sesi selanjutnya kita diajak untuk menggunakan tool-tool yang ada di Microsoft PowerPoint guna memenuhi kaidah-kaidah DESAIN dan SENI. Mulai dari penggunaan shapes, gambar, text, audio sampai meng-insert video.

Workshop ini sangat bermanfaat sekali bagi para presenter ataupun orang-orang yang berkutat di bidang presentasi, yang sehari-harinya selalu menggunakan slide untuk menyampaikan informasi. Sesuai dengan janji yang ditulis di buku beliau bahwa workshop ini 10% theories, 90% practies dan 100% satisfied. AMAZING !!!

Tinggalkan komentar

Arsip